LAPORAN INDIVIDU PROGRAM MITRA MASYARAKAT


LAPORAN INDIVIDU
PENDIRIAN KOPERASI DESA SEBAGAI ALTERNATIF DALAM MENINGKATKAN NILAI HARGA PRODUK HASIL POTENSI DESA

PROGRAM MITRA MASYARAKAT
SEMESTER GANJIL 2017/ 2018


Diajukan sebagai salah satu syarat dalam menempuh
Program Mitra Masyarakat











Oleh:
Nur Hamid
NIM: 140111100256
Desa   
: Pangpajung
Kecamatan
: Modung


KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA
FAKULTAS HUKUM
2017
LEMBAR PERSETUJUAN

PENDIRIAN KOPERASI DESA SEBAGAI ALTERNATIF DALAM MENINGKATKAN NILAI HARGA PRODUK HASIL POTENSI DESA


PROGRAM MITRA MASYARAKAT
SEMESTER GANJIL 2017/ 2018







Disetujui Pada Tanggal
31 Agustus 2017

Dosen Pembimbing Lapangan
Kepala Labolatorium Hukum Klinis

Dr. Nurus Zaman, S.H., M.H.
Dr. Nurus Zaman, S.H., M.H.



KATA PENGANTAR
Alhamdulillah puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala Rahmat dan Karunia Nya sehingga kami dapat menyelesaikan laporan individu Program Mitra Masyarakat berjudul “Pendirian Koperasi Desa Sebagai Alternatif Dalam Meningkatkan Nilai Harga Produk Hasil Potensi Desadengan lancar tanpa hambatan suatu apapun, dan tidak lupa shalawat serta salam senantiasa kami haturkan kepada junjungan kita ANabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya serta semua pengikutnya sampai akhir zaman.
Laporan individu ini diajukan sebagai salah satu syarat dalam menempuh Program Mitra Masyarakat serta untuk dijadikan bahan pertimbangan  dalam memberikan penilaian terhadap kegiatan kegiatan atau peran individu kami dalam semua kegiatan atau program kerja yang telah kami laksanakan pada saat pelaksanaan Program Mitra Masyarakat di Desa Pangpajung, Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan. Besar harapan kami melalui laporan individu ini serta serangkaian proses yang telah kami laksanakan suka maupun duka mendapatkan nilai yang terbaik dari penguji Program Mitra Masyarakat, Amin.
Dan tak lupa kami ucapkan terimakasih kepada semua teman teman Kelompok 22 yang telah bekerjasama dalam mensukseskan program kerja yang telah disusun rapi jauh jauh sebelum pelaksanaan Program Mitra Masyarakat, mudah mudah mudahan pengabdian yang telah dilaksanakan nantinya terus bermanfaat bagi masyarakat khususnya masyarakat Desa Pangpajung, Amin.

Bangkalan 08, Oktober, 2017

                                                                                               Penulis


PERAN INDIVIDU DALAM KEGIATAN SETIAP HARINYA
HARI PERTAMA
Hari pertama tepatnya pada tanggal 20 september 2017 agenda kegiatan pemberangkatan, pemasrahan dosen pembimbung lapangan serta persiapan pertemuan dengan masyarakat desa pangpajung. Pada kegiatan ini saya berperan sebagai ketua tim pengumpul masa dan investigasi yang memang dibentuk sejak sebelum pemberangkatan mempunyai tugas :
1.      Mencari informasi informasi ke desa pangpajung (pra pemberangkatan)
2.      Mengurus administrasi Program mitra masyarakat ke Tata Usaha di Fakultas Hukum
3.      Menyampaikan surat pengantar permohonan program mitra masyarakat kepad kepala desa pang pajung (pra pemberangkatan)
4.      Mengkoordinir anggota pra pemasrahan oleh DPL (dosen pembimbing lapangan) Dr. Nurus Zaman, SH., MH.
5.      Menyampaikan undangan kepada seluruh perangkat Desa Pangpajung mulai dari KADES dan jajarannya serta perwakilan Masyarakat Per dusun di desa Pangpajung
HARI KEDUA
Hari kedua tepatnya pada tanggal 21 september 2017 agenda kegiatan “pembukaan, perkenalan serta penyampaian program kerja kelompok 22 selama 2 (dua) minggu” Pada kegiatan ini saya mempunyai tugas :
1.      Mengkonfirmasikan para undangan melalui telfon
2.      Membantu Tim konseptor demi kelancaran acara
3.      Membantu Tim konsumsi Terkait cukup tidaknya konsumsi
4.      Meminpin Do’a di akhir acara
Dan alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar termasuk undangan pas hari H bias hadir semua bahkan yang tidak kami undangpun ikut meramaikan acara tersebut, program kerja kami disambut baik dan di dukung penuh oleh kepala desa karena memang itulah yang di butuhkan oleh  masyarakat di desa pangpajung.
HARI KETIGA
Hari ketiga tepatnya pada tanggal 22 september 2017, agenda kegitan “Persiapan awal mendirikan karang taruna dan koperasi di desa pangpajung”. Pada kegiatan ini kami terbagi kedalam dua tim/ kelompok yaitu penanggung jawab koperasi dan penanggung jawab karang taruna dan kebetulan saya mempunyai tugas untuk mensukseskan berkas koperasi, ada beberapa hal yang menjadi tugas pokok saya pada kegiatan ini antara lain sebagai berikut:
1.      Mencari pedoman pendirian koperasi berdasarkan undang undang perkoprasian
2.      Mecari contoh contoh berkas pendirian koprasi
3.      Mencari contoh AD/ART koperasi
4.      Membuat proposal pendirian koperasi
5.      Mencari informasi terkait rencana usaha atau model usaha apa yang tepat untuk desa pangpajung
Dan alhamdulillah pada persiapan awal ini saya dan anggota dibawah PJ koperasi berhasil menyelesaikan tugas tugas tersebut hanya berkaitan dengan proposal pendirian masih belum di selesaikan karena masih butuh masukan dan pertimabangan kelompok dan perangkat desa.
HARI KEEMPAT
Hari keempat tepatnya pada tanggal 23 september 2017, agenda kegiatan “Menyusun AD/ART karang taruna dan koperasi dan membantu kegiatan RUSILA (Rumah Sakit Lansia)”. Pada kegiatan ini saya dan tim dibawah Pj koperasi mempunyai tugas sebagai berikut:
1.      Membahas dan membentuk AD/ART Koperasi
2.      Membantu memasangkan bener kegiatan RUSILA
3.      Membantu ibu ibu /bapak bapak LANSIA dalam hal administrasi seperti cara mendaftar, cek berat badan, mengisi formulir pendaftaran dll.
4.      Print AD/ART yang telah dibahas dan dibuat
5.      Menympan AD/ART Koperasi
Dan alhamdulillah AD/ART Koperasi secara garis besar dapat kami selesaikan pada hari keempat tersebut termasuk pengeprinan AD/ART koperasi tersebut dan kami simpan Bersama berkas koperasi yang lain.
HARI KELIMA
Hari kelima tepatnya pada tanggal 24 September 2017, agenda kegiatan “Melengkapi berkas karang taruna desa pang pajung dan persiapan pembentukan karang taruna”. Pada kegiatan ini saya berperan sebagai ketua tim pengumpul masa dan investigasi mempunyai beberapa tugas yaitu:
1.      Menyampaikan izin kegiatan sealigus undangan kepada kepala desa pangpajung
2.      Menyampaikan undangan kepada seluruh perangkat desa pangpajung termasuk semua kepala dusun.
3.      Meminta bantuan kepala dusun untuk mencarikan pemuda pemuda di dusun tersebut minimal 5 (lima) orang
4.      Mengkoordinir anggota tim pengumpul masa dan investigasi dalam rangka mensukseskan acara
5.      Membantu tim konseptor dan tim konsumsi setelah tugas kami selesai
Dan alhamdulillah semua undangan dengan kerjasama dan bantuan masyarakat desa juaga semua tersampaikan serta alhamdulillah tim pengumpul masa dan investigasi tidak ada kendala sedikitpun
HARI KEENAM
Hari keenam tepatnya pada tanggal 25 September 2017, agenda kegiatan “Pembentukan struktur karang taruna desa pangpajung dan pembahasan AD/ART karang taruna”. Pada kegiatan ini saya tetap berperan sebagai ketua tim pengumpul masa dan investigasi  mempunyai tugas :
1.      Mengkonfirmasikan para undangan melalui telfon
2.      Membantu Tim konseptor demi kelancaran acara
3.      Membantu Tim konsumsi Terkait cukup tidaknya konsumsi
4.      Meminpin Do’a di akhir acara
Alhamdulillah semua tugas tersebut dapat saya selesaikan dengan baik, termasuk undanganpun semua hadir muali dari aparatur desa serta para pemuda pemudi di desa pangpajung semua hadir.
HARI KETUJUH
Hari ketujuh tepatnya pada tanggal 26 September 2107, agenda kegiatan “Persiapan sosialisasi “go green dan gemar menabung” di SMP NEGERI 1 Modung”. Pada kegiatan ini saya yang awalnya berperan sebagai ketua tim pengumpul masa dan investigasi beralih peran menjadi KORDES (KORDINATOR DESA)/ Ketua kelopok 22,  karena kebetulan kordinator desa yang pertama ada sedikit masalah sehingga saya yang awalnya sebagai wakil kordes/ ketua kelompok 22 dengan kesepakatan anggota saya harus menggantikan ketua kelompok, sehingga tugas dan tanggung jawab saya pada kegiatan ini antara lain sebagi berikut:
1.      Membentuk tata tertib dan meminta sekretaris mengetik dan mengeprinnya
2.      Meminta sekretaris membuat absensi dan mengeprinnya
3.      Meminta saudara WAHYUDI.AS untuk menggantikan posisi saya sebagi ketua tim pengumpul masa dan invesigasi
4.      Mengkoordinir semua PJ (Penanggung Jawab) baik PJ Konseptor, PJ Konsumsi dan PJ Publikasi dan PJ lainnya
5.      Mendampingi tim pengumpul masa dan investigasi menghadap pak KADES
6.      Menyampaikan perubahan Struktural Kelompok 22 dan Absensi Kelompok 22 kepada DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) Dr. Nurus zaman, SH.MH.
7.      Meminta pendapat dan masukan DPL untuk program kerja kedepan
Dan alahamdulillah berkat kerjasama dan koordinasi yang baik semua tugas dan peran tersebut  bisa saya selesaikan dengan lancar dan alhamdulillah DPL setuju dengan semua program kerja bahkan untuk kepentingan laporan DPL mengintrupsikan agar dibuat surat izin keluar anggota dengan TTD kordes.
HARI KEDELAPAN
            Hari kedelapan tepatnya pada tanggal 27 September 2017, agenda “Persiapan penyuluhan tentang “meningkatkan minat baca peserta didik sebagai upaya mencerdaskan kehidupan bangsa” di SMK AL BAHARY”. Pada kegiatan ini sebagai kordes/ ketua kelompok 22 mempunyai tugas dan tanggung jawab :
1.      Meminta Publikasi untuk secepatnya mendesain bener dan mengeprinnya sesuai intrupsi DPL
2.      Mencari bahan sambutan pada saat acara termasuk mengkaji materi tentang minat baca masyarakat Indonesia
3.      Mengkoordinir semua PJ (Penanggung Jawab) baik PJ Konseptor, PJ Konsumsi dan PJ Publikasi dan PJ lainnya
4.      Mendampingi tim pengumpul masa dan investigasi menghadap pak KADES
5.      Menemui DPL untuk memberitahukan persiapan acara dan meminta kejelasan DPL terkait hal hal berkenaan dengan acara mulai dari nama ketua yayasan,kepala sekaolah SMK AL BAHARY dan lain lainya
Dan alahamdulillah berkat kerjasama dan koordinasi yang baik semua tugas dan peran tersebut  bisa saya selesaikan dengan lancar, bahan bahan yang diperlukan sudah siap semua bahkan DPL sangat mendukung untuk persiapan acara tersebut.
HARI KESEMBILAN
            Hari kesembilan tepatnya pada tanggal 28 September 2017, agenda “Sosialisasi tentang mencerdaskan generasi muda melalui go green dan gemar menabung” di SMP Negeri 1 Modung”. Pada kegiatan ini sebagai kordes/ ketua kelompok 22 mempunyai peran,tugas dan tanggung jawab :
1.      Mengkoordinir semua PJ (Penanggung Jawab) baik PJ Konseptor, PJ Konsumsi dan PJ Publikasi dan PJ lainnya
2.      Menjadi penyambung lidah/ sambutan atas nama kordes/ ketua kelompok 22 pmm
3.      Meminta bantuan para guru untuk mengkodisikan peserta didik yang kami minta sebelumnya
4.      Ikut berpartisipasi melatih peserta didik dalam membuat kreatifitas GO GREEN dan GEMAR MENABUNG
5.      Memandu pemberian penghargaan bagi ketua kelompok pelatihan kreatifitas
6.      Menyampaikan hasil kreatifitas terbaik peserta didik kepada kepala sekolah SMP NEGERI 1 MODUNG
Dan alahamdulillah berkat kerjasama dan koordinasi yang baik semua tugas dan peran tersebut  bisa saya selesaikan dengan lancar, acara berjalan sesuai dengan harapan semua peserta didikpun semagat mengikuti materi dan kegiatan pelatihan kreatifitas

HARI KESEPULUH
            Hari kesepuluh tepatnya pada tanggal 29 September 2017, kegiatan Penyuluhan Pendidikan tentang “Menanamkan Minat Baca Peserta Didik sebagai upaya mencerdaskan kehidupan bangsa” di SMK AL BAHARY. Pada kegiatan ini sebagai kordes/ ketua kelompok 22 mempunyai peran,tugas dan tanggung jawab :
1.      Mengkoordinir semua PJ (Penanggung Jawab) baik PJ Konseptor, PJ Konsumsi dan PJ Publikasi dan PJ lainnya
2.      Menjadi penyambung lidah/ sambutan atas nama kordes/ ketua kelompok 22 pmm pada saat acara.
3.      Meminta bantuan para peserta didik yang dating lebih awal untuk mengkodisikan teman temannya yang lain
4.      Ikut berpartisipasi menghibur peserta didik agar tidak garing
5.      Memberikan penghargaan bagi peserta didik terbaik dalam test baca cepat.
6.      Memberikan cinderamata/ piagam sebagai ucapan terimakasih kelompok 22 pmm kepada kepala sekaolah SMK AL BAHARY
Dan alahamdulillah berkat kerjasama dan koordinasi yang baik semua tugas dan peran tersebut  bisa saya selesaikan dengan lancar, acara berjalan sesuai dengan harapan semua peserta didikpun sangat antusias mengikuti materi dan test baca cepat bahkan waktupun sampai agak molor mengingat peserta yang masih banyak yang ingin ikut test baca cepat yang kami adakan. Serta alhamdulillah kami juga disambut baik oleh ketua yayasan bustanut Tahrir serta kepala sekolah SMK AL BAHARY beserta jajarannya.

HARI KESEBELAS
Hari kesebelas tepatnya pada tanggal 30 September 2017, kegiatan Persiapan lomba untuk anak anak di desa pangpajung. Seperti biasa Pada kegiatan ini sebagai kordes/ ketua kelompok 22 mempunyai peran,tugas dan tanggung jawab :
1.      Mengkoordinir semua PJ (Penanggung Jawab) baik PJ Konseptor, PJ Konsumsi dan PJ Publikasi dan PJ lainnya
2.      Mendampingi tim pengumpul masa dan investigasi menghadap pak KADES
3.      Merapatkan  semua anggota terkait keutuhan lomba termasuk jenis lomba dan peralatan yang dibutuhkan
4.      Meminta tim publikasi untuk membuat pamphlet lomba
5.      Meminta tim pengumpul masa dan investigasi secepatnya menyebarkan informasi terkait lomba kepada seluruh dusun
6.      Menyiapkan bahan untuk komentator lomba
7.      Membantu mempersiapkan keperluan lomba muali dari membuat sarana prasarana, mencari bambu dan lain sebgainya
Dan alahamdulillah berkat kerjasama dan koordinasi yang baik semua tugas dan peran tersebut  bisa saya selesaikan dengan lancar, bahan bahan yang diperlukan sudah siap semua bahkan KADES pun mendukung kegiatan lomba tersebut dan meberikan arahan arahan terkait lomba yang sebaiknya diadakan dan yang sebaiknya tidak diadakan.

HARI KEDUA BELAS
Hari kedua belas tepatnya pada tanggal 01 September 2017,kegiatan Pelaksanaan lomba untuk anak anak di desa pangpajung. Seperti biasa Pada kegiatan ini sebagai kordes/ ketua kelompok 22 mempunyai peran,tugas dan tanggung jawab :
1.      Mengkoordinir semua PJ (Penanggung Jawab) baik PJ Konseptor, PJ Konsumsi dan PJ Publikasi dan PJ lainnya
2.      Menjadi komentator lomba
3.      Memberikan hadiah bagi para juarawan juarawati lomba estafet klereng
Dan alahamdulillah berkat kerjasama dan koordinasi yang baik semua tugas dan peran tersebut  bisa saya selesaikan dengan lancar, anak anak sangat antusias mengikuti kegiatan lomba lomba tersebut.

HARI KETIGA BELAS
            Hari ketiga belas tepanya pada tanggal 02 Oktober 2017, kegiatan “Melengkapi berkas koperasi serta konsultasi ke dinas koperasi”. Pada kegiatan ini saya mempunyai dua tugas selain tugas rutin sebagai kordes saya juga sebagai anggota PJ Koperasi mempunyai peran,tugas dan tanggung jawab sebagai berikut:
1.      Meminta para PJ yang lain (PJ Publikasi, PJ Konseptor dan PJ Konsumsi) untuk membantu mendiskusikan terkait hal hal yang berkaitan dengan berkas koperasi termasuk rencana usaha awal dan berkas lainnya
2.      Memperbaiki ART Koperasi
3.      Menyatukan berkas koperasi yang lain dalam satu kesatuan yang sudah digarap sebelumnya
4.      Print dan menjilid berkas berkas koperasi
5.      Menjaga dan Menyimpan berkas koperasi dengan baik
 Dan alahamdulillah berkat kerjasama dan koordinasi yang baik semua tugas dan peran tersebut  bisa saya selesaikan dengan lancar, semua anggota kelompok 22 saling berdiskusi dan saling menyampaikan pendapat demi selesainya tugas tersebut.

HARI KEEMPAT BELAS
            Hari keempat belas tepanya pada tanggal 03 0ktober 2017, kegiatan Persiapan penutupan dan membuat proposal pengajuan pendirian koperasi. Pada kegiatan ini seperti kegitan hari ketiga belas saya mempunyai dua tugas selain tugas rutin sebagai kordes saya juga sebagai anggota PJ Koperasi mempunyai peran,tugas dan tanggung jawab sebagai berikut:
1.      Meminta para PJ yang lain (PJ Publikasi, PJ Konseptor dan PJ Konsumsi) untuk membantu mendiskusikan terkait hal hal yang harus ada pada proposal pendirian koperasi termasuk rencana usaha awal dan berkas lainnya
2.      Mendampingi tim pengumpul masa dan investigasi menghadap pak KADES dalam rangka membahas keperluan dan konsep acara penutupan
3.      Meminta PJ Publikasi untuk secepatnya membuat bener
4.      Meminta PJ Konseptor untuk menyampaikan sejauh mana persiapan acara penutupan
5.      Memperbaiki proposal pengajuan pendirian koperasi bersama anggota yang lain
6.      Print dan menjilid proposal pengajuan pendirian koperasi yang sudah fix
7.      Menjaga dan Menyimpan proposal pengajuan pendirian koperasi dengan baik
8.      Meminta semua anggota untuk membatu mempersiapkan segala kebutuhan mulai dari cindera mata dan berkas pelantikan karatar
9.      Menghubungi ketua kartar
10.  Membantu menyampaikan undangan kepada semua pihak yang akan di undang
11.  Mempersiapkan pesan dan kesan pamitan kelompok 22 PMM
 Dan alahamdulillah berkat kerjasama dan koordinasi yang baik semua tugas dan peran tersebut  bisa saya selesaikan dengan lancar, semua anggota kelompok 22 saling berdiskusi dan saling menyampaikan pendapat demi selesainya tugas tersebut.

HARI KE LIMA BELAS
            Hari kelima belas tepatnya pada tanggal 04 Oktober 2017, kegiatan Pelantikan pengurus karang taruna dan penyerahan berkas koperasi serta penutupan sekaligus pamitan. Pada kegiatan ini seperti kegitan SEBELUMNYA saya mempunyai dua tugas selain tugas rutin sebagai kordes saya juga sebagai anggota PJ Koperasi mempunyai peran,tugas dan tanggung jawab sebagai berikut:
1.      Mengkoordinir semua PJ (Penanggung Jawab) baik PJ Konseptor, PJ Konsumsi dan PJ Publikasi dan PJ lainnya
2.      Menjadi penyampai pesan dan kesan atas nama kordes/ ketua kelompok 22 pmm
3.      Memberikan cinderamata kepada kepala desa
4.      Menyerahkan berkas koperasi kepada kepala desa pangpajung
5.      Menemui para tamu dari keacamatan modung
6.      Bekerjasam mulai awal sampai selesainya acara
Dan alahamdulillah berkat kerjasama dan koordinasi yang baik semua tugas dan peran tersebut  bisa saya selesaikan dengan lancar, semua anggota kelompok 22 berpamitan dan foto Bersama dengan semua perangkat desa yang hadir serta pengurus karang taruna yang sudah di lantik.












DOKUMENTASI PERAN INDIVIDU DALAM SETIAP KEGIATAN
Menyampaikan Surat Pengantar Pmm (Pra Pmm)






 







Membantu kegiatan RUSILA (RUMAH SAKIT LANSIA)











 




Menyampaikan Undangan Dan Mencari Informasi











 










 Memberi sambutan di Pelatihan Go Green Dan Gemar Menabung dan berpartisipasi dalam kegiatan pelatihan tersebut








 









Membantu Mempersiapkan Lomba














 











Menjadi Komentator Lomba dan Memberikan Hadiah Bagi Para Juarawan











 









Meminpin Rapat Persiapan pembentukan karang taruna






Membantu Tim Konseptor dalam Pembentukan karang taruna









 









Mempersiapkan Undangan dan Memperbaiki AD/ART dan Berkas Lain Koperasi












 










Menyampaikan Sambutan dan memberikan penghargaan Pada Kegiatan Penyuluhan Pendidikan Tema “Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Sebagai Upaya Kehidupan Bangsa” di SMK AL BAHARY











 




Menyampaikan Pesan dan Kesan selaku KORDES dari kelompok 22 sekaligus menyerahkan berkas koperasi dan cindera mata
kepada KADES di Penutupan Program Mitra Masyarakat





















 
















Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH PROPOSAL MAGANG DI KEJAKSAAN TINGGI

MAKALAH HUKUM LAUT INTERNASIONAL

MAKALAH SUMBER SUMBER HUKUM ADMINISTRASI NEGARA