MAKALAH HUKUM LAUT INTERNASIONAL


"AREA DAN LAUT LEPAS BERDASARKAN UNCLOS 1982"
(Di susun untuk memenuhi tugas mata kuliah hukum laut internasional)
Dosen Pengampu: Dr.Indien Winarwati, S.H., M.H.







Oleh :

HAMID MADANI
140111100256




KEMENTRIAN RISET, TEKNOLOGI
DAN PENDIDIKAN TINGGI FAKULTAS HUKUM
UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA
TAHUN AJARAN 2016


KATA PENGANTAR
Alhamdulillah puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala Rahmat dan Karunia Nya sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah dengan judul  tentang “Area dan Laut Lepas Berdasarkan UNCLOS 1982ini dengan lancar tanpa hambatan suatu apapun, dan tidak lupa shalawat serta salam senantiasa kami haturkan kepada junjungan kita ANabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya serta semua pengikutnya sampai akhir zaman.
Makalah ini kami susun untuk memenuhi tugas mata kuliah hukum acara dan pidana anak yang diampu oleh Dr.Indien Winarwati, SH., M.H. Makalah ini merupakan tugas pasca UTS yang diberikan guna meliahat sejauh mana mahasisiwa menerima dan menyerap materi yang selama ini dijarkan oleh beliau, mudah mudahan penyusunan makalah ini sesuai dengan yang diharapkan oleh beliau dan teman teman mahasiswa.
Dan tak lupa kami ucapkan terimakasih kepada temen temen yang telah membantu kami dalam menyelesaikan makalah ini mudah mudah mudahan ilmu yang telah didapat nantinya bermanfaat bagi masyarakat dan dapat membahagiakan kedua orang tua dengan menjadi sarjana hukum yang handal dan profesional amein ya robbal alamin.

Bangkalan 19 Maret 2017

                                                                                               Penulis

DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL
i
KATA PENGANTAR
ii
DAFTAR ISI
iii

BAB I PENDAHULUAN

A)    Latar belakang...............................................................................................................
B)    Rumusan masalah..........................................................................................................
C)    Tujuan............................................................................................................................
 
1
2
2

BAB II ISI MAKALAH/PEMBAHASAN

      Pemanfaatan Area dan Laut Lepas Berdasarkan UNCLOS 1982…………..…………
Batas Kebebasan Area dan Laut Lepas Berdasarkan UNCLOS 1982…………………
3
5




BAB III PENUTUP

Kesimpulan........................................................................................................................
Saran..................................................................................................................................
6
6

DAFTAR PUSTAKA
7




BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Sejatinya area dan laut lepas merupakan kawasan atau wilayah yang dipergunakan bersama untuk umat manusia yang pada dasarnya bahwa segala hak terhadap kekayaan yang berada di kawasan area merupakan hak setiap umat manusia untuk antar negara dapat memamfaatkannya secara keseluruhan. Sedangkan menurut BAB XI UNCLOS 1982 area merupakan kawasan dasar laut yang tidak dimiliki oleh pihak manapun ataupun negara manapun. Sedangkan laut lepas itu sendiri merupakan laut di luar yurisdiksi nasional negara-negara disebut laut bebas atau “high seas”. Pemanfaatan laut bebas dilaksanakan berdasarkan prinsip “warisan bersama umat manusia” (common heritage of mankind), yang berarti bahwa manfaat laut bebas, baik aspek navigasi maupun aspek sumber daya alam yang dikandungnya, harus dapat dinikmati oleh seluruh umat manusia dan tidak boleh dimonopoli oleh satu atau beberapa negara kuat saja.
Dalam pasal 86 UNCLOS 1982 menyatakan bahwa ketentuan ini tidak memengaruhi beberapa kebebasan yang di nikmati oleh Negara-megara di zona ekonomi eksklusif sesuai dengan psal 58. Oleh karena itu , hal ini tampaknya bukan merupakan alasan yang cukup untuk menegaskan bahwa zona ekonomi eksklusif membentuk bagian dari laut lepas. Sebagaimana di nyatakan sebelumnya bahwa mungkin lebih baik bila zona ekonomi eksklusif di anggap sebagai rezim yang sui generis, di mana hanya beberapa aspek tertentu saja dari kebebasan di laut lepas yang di terapkan. Selain itu peristilahan ”laut lepas” di artikan sebagai perairan yang berada di luar batas 200 mil laut zona ekonomi eksklusif.[1]
Pada dasarnya kebebasan ini harus dilaksanakan oleh negara-negara dengan pertimbangan kepentingan negara lain, serta hak-hak yang tercantum dalam konvensi mengenai eksploitasi kawasan dasar laut dalam (pasal 87). Laut lepas harus digunakan hanya untuk maksud-maksud damai dan tidak ada satu negara pun dapat menyatkan kedaulatannya terhadap bagian dari laut lepas ini ( pasal 88 dan pasal 89).[2]
Jelas sekali bahwa laut lepas merupakan wilayah laut yang tidak merupakan wilayah teritorial dari suatu negara. Laut yang tidak merupakan wilayah teritorial dari negara manapun maka laut lepas merupakan laut yang bebas atau dikenal dengan istilahres nullius dimana laut merupakan wilayah perairan yang tidak dimiliki oleh siapa pun yang artinya laut lepas dapat dimanfaatkan oleh setiap negara baik negara berpantai maupun negara tidak berpantai. Tetapi pemanfaatan laut lepas hanya untuk kepentingan damai dan tidak ada suatu negara yang boleh mengklaim bagian laut lepas menjadi miliknya ada berada dibawah kedaulatanya. Hukum di laut lepas diatur dalam Konvensi Hukum Laut 1982 part VII pasal 86 sampai 120. Dengan adanya kebebasan yang diberikan oleh Konvensi Hukum Laut 1982 kepada setiap negara baik negara berpantai maupun negara tidak berpantai maka dengan sendirinya negara telah memiliki hak dan kewajiban untuk dapat memanfaatkan laut lepas semaksimal mungkin dengan tujuan damai. Kebebasan di laut lepas dapat dilaksananakan dengan mematuhi syarat-syarat yang diberikan oleh Konvensi Hukum Laut 1982 dan syarat yang diberikan oleh Hukum Internasional. Tetapi selain memiliki hak untuk memanfaatkan wilayah laut lepas ini negara pun terikat dengan kewajibannya untuk tidak melakukan tindakan yang dapat merugikan pihak lain atau tindakan yang dapat merusak wilayah laut lepas itu sendiri. Setiap negara memang diberikan kebebasan untuk memanfaatkan laut lepas tetapi kebebasan yang diberikan bukanlah kebebebasan tanpa batas dan tanpa aturan.[3]
Adapun kebebasan untuk memanfaatkan laut lepas diatur dalam Konvensi Hukum Laut 1982 dan memiliki syarat dan ketentuan yang harus dilakukan, sehingga terhadap kebebasan di laut bebas tersebut terdapat beberapa pengecualian yang sama sekali tidak boleh dilakukan di laut lepas. Pengecualian kebebasan di laut lepas tersebut antara lain adalah Perompakan laut (piracy), pengejaran seketika (hot persuit)penangkapan ikan dan pencemaran di laut lepas.[4]

1.2 Rumusan Masalah
            1. Bagaimana pemanfaatan area dan laut lepas berdasarkan UNCLOS 1982?
            2. Bagaimana batas kebebasan area dan laut lepas berdasarkan UNCLOS 1982?
1.3 Tujuan
            1. Mengetahui pemanfaatan area dan laut lepas berdasarkan UNCLOS 1982
            2. Mengetahui batas kebebasan area dan laut lepas berdasarkan UNCLOS 1982




BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pemanfaatan Area dan Laut Lepas Berdasarkan UNCLOS 1982
Pada mulanya istilah laut lepas (high seas) berarti seluruh bagian laut yang tidak termasuk perairan pedalaman dan laut teritorial dari suatu negaraPada konperensi Kodifikasi Den Haag 1930 atas prakarsa Liga Bangsa-Bangsa walaupun disetujui mempertimbangkan laut teritorial sebagai bagian dari wilayah negara pantai, dan perairan di luarnya adalah laut lepas, tetapi konperensi tersebut mengalami kegagalan dalam menentukan lebar laut teritorial. Kemudian konsepsi laut bebas ini lebih jelas terlihat di dalam pasal 2 dari Konvensi Genewa 1958 tentang laut lepas, yang menyatakan bahwa laut lepas adalah terbuka untuk semua bangsa, tidak ada suatu negarapun secara sah dapat melakukan pemasukan bagian dari laut lepas ke daerah kedaulatannya. Laut lepas dimaksudkan untuk kepentingan perdamaian dan tidak suatu negarapun yang dapat melakukan klaim kedaulatannya atas bagian laut lepas.[5]
Adapun kebebasan pertama di laut lepas adalah kebebasan berlayar. Pasal 90 UNCLOS 1982 menyatakan bahwa “Setiap Negara, baik berpantai atau tidak berpantai, mempunyai hak untuk melayarkan kapal di bawah benderanya di laut lepas”.[6] Mengingat bagian bumi ini terdiri dari daratan yang dipisahkan oleh hamparan laut maka pelayaran dibagian laut sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan kehidupan khususnya sebagai sarana transportasi dan dengan adanya kebebasaan untuk menggunakan laut lepas untuk berlayar maka negara diberikan kemudahan dan keuntungan. Kapal yang berlayar harus mengibarkan bendera negaranya sebagai tanda yurisdiksi yang tunduk dalam kapal tersebut. Negara bendera kapal harus memperhatikan ketentuan pasal 91 mengenai syarat berlayar di laut lepas menyangkut kebangsaan kapal, pendaftaran atau registrasi dan bendera kapal.[7]
Kebebasan kedua yaitu kebebasan penerbangan dalam pasal 87 ayat (1) dan (2)Semua negara baik negara pantai maupun tidak berpantai mempunyai kebebasan untuk melakukan penerbangan di ruang udara di atas laut lepas, dengan memperhatikan kepentingan negara lain.[8] Kebebasan yang diberikan Konvensi Hukum Laut 1982 lainnya, penerbangan diatas laut lepas harus dilaksanakan dengan memperhatikan syarat dan ketentuan baik dalam Konvensi Hukum Laut 1982 maupun ketentuan hukum internasional lainnya. Juga penerbangan diatas laut lepas hanya dilakukan dengan tujuan damai dengan memperhatikan kepentingan negara lain tanpa merugikan mereka.[9]
Kebebasan ketiga menurut pasal Pasal 112 ayat (1) menyatakan bahwa “Semua Negara mempunyai hak untuk memasang kabel dan pipa bawah laut di atas dasar laut lepas di luar landas kontinen.” Setiap negara berhak memasang kabel atau pipa bawahlaut dengan memperhatikan juga ketentuan dalam konvensi hukum laut 1982 yang berkaitan dengan landas kontinen yaitu pada pasal 79 paragraf 5. Pasal 113 menyatakanSetiap Negara harus menetapkan peraturan perundang undangan yang diperlukan untuk mengatur bahwa pemutusan atau kerusakan pada kabel bawah laut di bawah laut lepas yang dilakukan dengan sengaja atau karena kelalaian yang sangat oleh sebuah kapal yang mengibarkan benderanya atau oleh seorang yang tunduk pada yurisdiksinya dan pasal 115 menyatakan Setiap Negara harus menetapkan peraturan perundang-undangan yang diperlukan untuk menjamin bahwa pemilik kapal yang dapat membuktikan bahwa mereka telah mengorbankan sebuah jangkar, sebuah jaring atau peralatan penangkapan ikan lainnya dalam usaha untuk mencegah terjadinya kerusakan pada kabel atau pipa bawah laut.[10]
Kebebasan keempat setiap negara baik negara berpantai maupun negara tidak berpantai memiliki kebebasan untuk membuat pulau buatan atau instalasi lainnya diatas laut lepas dengan tunduk pada bagian VI konvensi hukum laut 1982. Artinya pulau buatan, instalasi dan bangunan tidak mempunyai status pulau. Pulau buatan, instalasi dan bangunan tidak mempunyai laut teritorialnya sendiri, dan kehadirannya tidak mempengaruhi penetapan batas laut teritorial, zona ekonomi eksklusif atau landas kontinen. Ketentuan dalam pasal ini sangatlah jelas berkaitan dengan status pulau buatan dan instalasi lainnya. Kebebasan ke lima yaitu setiap negara baik yang berpantai maupun negara tidak berpantai dapat memanfaatkan kebebasan di laut lepas berupa kebebasan menangkap ikan dengan memperhatikan syarat dan ketentuan yang ada juga tetap memelihara lingkungan laut lepas itu sendiri. Kebebasan yang ke enam menurut Pasal 238 Semua Negara, tanpa memandang letak geografisnya dan organisasi-organisasi internasional yang kompeten, berhak mengadakan riset ilmiah kelautan dengan memperhatikan hak dan kewajiban Negara-negara lain sebagaimana ditentukan dalam Konvensi ini.” Serta dalam Pasal 239 dinyatakan bahwa ”Negara-negara dan organisasi-organisasi internasional yang kompeten harus menggalakan dan memudahkan pengembangan dan penyelenggaraan riset ilmiah kelautan sesuai dengan Konvensi ini.[11]

2.2 Batas Kebebasan Area dan Laut Lepas Berdasarkan UNCLOS 1982
            Dalam kebebasan yang telah ditetapkan oleh UNCLOS 1982 tentang laut lepas ada beberapa hal yang membatasi kebebasan tersebut. Hal-hal yang membatasi kebebasan tersebut sangat erat hubungannya dengan hak asasi manusia dan dalam dunia internasional dikenal dengan universal declaration of human rights. Pembatasan dalam kebebasan area dan laut lepas diantaranya Perbudakan (Slavery), Pembajakan (Piracy), Perdagangan obat-obat narkotika atau bahan-bahan psikotropika, Penyiaran gelap, Pengejaran seketika (Hot persuit) dan Pencemaran lingkungan hidup.[12]
            Perbudakan merupakan hal yang dilarang disemua negara di dunia internasional universal declaration of human rights 1948 telah mengakui bahwa perbudakan memang dilarang keras di semua negara. Kedua yaitu pembajakan, dalam UNCLOS 1982 pelarangan pembajakan diatur dalm pasal 100-107. Ketiga yaitu Perdagangan obat-obat narkotika atau bahan-bahan psikotropika, tindakan ini merupakan tindakan yang ilegal dan bukan hanya di Indonesia namun di semua negara juga melarang adanya transaksi obat-obatan terlarang, maka dari itu semua negara diajak untuk menggalakkan anti narkoba. Keempat yaitu Penyiaran gelap yang dimaksud dengan penyiaran gelap adalah setiap transmisi atau siaran yang disiarkan dari atas kapal atau instalasi lainnya di laut lepas yang disiarkan dengan tujuan untuk didengar atau ditonton oleh masyarakat umum yang bertentangan dengan peraturan internasional. Kelima Pengejaran seketika, hal tersebut dilarang. Pengejaran terhadap kapal asing yang diduga melakukan pelanggaran di wilayah negara pantai harus dimulai seketika ketika kapal tersebut berada dalam perairan pedalaman atau perairan kepulauan. Hanya dapat diteruskan sampai ke zona tambahan dan laut teritorial jika pengejaran tersebut tidak terputus. Keenam Pencemaran laut yaitu perobahan pada lingkungan laut yang terjadi akibat dimasukkannya oleh manusia secara langsung atau pun tidak bahan-bahan atau enerji kedalam lingkungan laut (termasuk muara sungai) yang menghasilkan akibat yang demikian buruknya sehingga merupakan kerugian terhadap kekayaan hayati. Laut lepas telah menjadi laut terbuka dan setiap negara memiliki hak untuk dapat memanfaatkan laut lepas.[13]


BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
            Dalam unclos 1982 Area dan laut lepas telah diatur dalam pasal 87, ada 7 hal yang berhak dan bebas dilakukan oleh semua negara di laut lepas. Negara pantai mauun negara tidak berpantai memiliki hak untuk memanfaatkan segala yang ada di laut lepas. Namun segala kebebasan tersebut juga ada batasannya, ada 6 batasan-batasan yang telah dimuat dalam makalah ini hal itu dilakukan agar tidak melanggar hak asasi manusia, tidak mencemari laut dan semua negara juga harus menjaga laut tanpa memperlakukan semaunya sendiri.

3.2 Saran
            Walaupun telah diberikan kebebasan dalam peraturan tentang laut lepas setiap negara hendaknya harus senantiasa mejaga laut agar tidak tercemari dan bisa digunakan untuk kebrlangsungan anak cucu seluruh bangsa dan negara.


DAFTAR PUSTAKA

Buku :
·         Heru Prijanto, Hukum Laut Internasional, Bayumedia, Malang
·         Kendis Gabriela Runtunuwu, Implementasi Pemanfaatan Laut Lepas Menurut Konvensi Hukum Laut 1982,
·         UNCLOS (United Nation Convention On The Law Of The Sea) 1982
·         Jurnal Lex et Societatis, Vol. II/No. 3/April/2014
·         Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa Tentang Hukum Laut
 Internet:
·         http://dwirowdhotulputri.blogspot.co.id/2016/01/hukum-laut-internasional-laut-lepas.html



[1] Heru Prijanto, Hukum Laut Internasional, Bayumedia, Malang, hal: 17
[2] Opcit, hal: 17
[3] Kendis Gabriela Runtunuwu, Implementasi Pemanfaatan Laut Lepas Menurut Konvensi Hukum Laut 1982, Jurnal Lex et Societatis, Vol. II/No. 3/April/2014, hal: 62
[4] Ibid, hal: 63
[5] Anonymous, hal: 87
[6] Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa Tentang Hukum Laut, hal: 30
[7] Kendis Gabriela Runtunuwu, opcit, hal: 63
[8] Anonymous, ibid hal: 90
[9] Kendis Gabriela Runtunuwu, opcit, hal:64
[10] Anonymous, hal: 2
[11] Kendis Gabriela Runtunuwu, opcit, hal:65
[12] Diakses dari http://dwirowdhotulputri.blogspot.co.id/2016/01/hukum-laut-internasional-laut-lepas.html pada hari jumat 16 desember 2016 jam 13:50 WIB.
[13] Kendis Gabriela Runtunuwu, opcit, hal:68

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH PROPOSAL MAGANG DI KEJAKSAAN TINGGI

MAKALAH SUMBER SUMBER HUKUM ADMINISTRASI NEGARA